Tau Gak Sih, 5 Fitur di Windows Ini Ternyata Niru Android Lho!

0
7

Sejak hadirnya teknologi perangkat mobile yang terus mengalami perkembangan, perangkat dekstop seakan-akan memang sedikit tergeser eksistensinya. Dipimpin oleh dua operasi sistem besar dengan pengguna paling banyak, yakni android dan iOs, gadget mobile semakin banyak diminati. Para developer pun semakin getol membuat produk-produk baru yang dilengkapi dengan fitur teranyar hasil oprekan mereka.

Melihat hal ini, membuat salah satu platform yang merajai perangkat dekstop, Windows, mencoba untuk ikut terjun dan mengikuti arus perkembangan yang telah ada. Bagi windows, kalau diibaratkan seperti permainan catur langkah mereka sudah diskatkmat oleh lawan. Windows pun tak bisa berkutik lagi, mau tak mau mereka harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang telah lebih dulu dilakukan oleh si apel krowak dan si robot hijau.

Kondisi tersebut juga mempengaruhi perkembangan fitur Windows. Mereka ketahuan membuat sebuah fitur baru pada teknologinya dengan mengadaptasi fitur yang telah digunakan oleh android dan iOs. Penasaran apa saja fitur windows yang meniru fitur android dan iOs? Berikut ini daftarnya.

Fitur Windows yang Niru Android dan iOs

apple vs android vs windows

1. Fitur Notifications Bar


Semua pemberitahuan baik dari pesan yang masuk, informasi update aplikasi, panggilan, berita terbaru, dll pada sebuah perangkat android akan terkumpul dalam sebuah bagian yang kita kenal dengan istilah notifications bar. Di sebuah perangkat android atau smartphone notifications bar ini biasanya berada di panel bagian paling atas, dan bisa kita buka dengan cara menggesernya dari atas ke bawah. Fitur ini terbukti sangat bermanfaat bagi para pengguna agar cepat mengetahui jika ada pesan yang masuk baik berupa sms, pesan messenger, email, maupun panggilan telepon, hingga update berlangganan suatu situs.

Nah, pada Windows 7 kalian pasti tidak akan bisa menemukan fitur yang satu ini, baru pada update OS terbaru yakni Windows 8 dan Windows 10 fitur ini dihadirkan untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Sebagian besar para pengguna perangkat mobile dan para pengamat teknologi menganggap ini sebagai salah satu bukti bahwa windows sudah mulai akan mengikuti alur permainan android dan iOs dengan telah meniru beberapa fitur mereka.

2. Touch Control yang Menarik

Teknologi layar sentuh atau touch screen adalah salah satu perkembangan teknologi kontrol yang sangat booming untuk saat sekarang ini. Android sendiri terkenal dengan touch controlnya yang sangat baik. Meskipun ada beberapa produk smartphone android non touch control, tapi teknologi kontrol sentuh seperti sudah mendarah daging pada android. Karena hampir semua perangkat smartphone android maupun iOs menggunakannnya.

Sedangkan pada windows sendiri, sebenarnya teknologi kontrol sentuh juga sudah banyak digunakan untuk produk-produk mereka yang terdahulu. Namun demikian, kontrol sentuh yang mereka gunakan belum bisa berfungsi secara optimal. Baru pada versi Windows 10, fitur touch control mereka hadirkan dengan lebih terfokus pada user experience yang lebih baik dan menarik. Dalam perkembangan yang mereka lakukan ini fungsi seperti stylus writing, double tap, touch gesture, dsb seperti yang ada pada android juga digunakan untuk produk windows 10.

3. Penambahan Aplikasi yang Modern


Dulu jauh sebelum smartphone banyak dikenal oleh masyarakat, untuk aktivitas mengakses internet, berbelanja online, membaca berita online dilakukan melalui sebuah perangkat dekstop. Namun karena aplikasi-aplikasi tersebut tidak dikembangkan, keberadaannya pun tak banyak difungsikan oleh para pengguna. Sehingga ketika android dan iOs muncul dengan berbagai aplikasi yang modern, para pengguna pun lebih tertarik dan memilih perangkat mobile untuk melakukan aktivitas diatas.
Hal ini ternyata membuat windows terpancing untuk lebih fokus lagi mengembangkan penambahan fitur aplikasi modern pada platform mereka. Tapi seakan sudah terlambat, perubahan yang mereka lakukan untuk yang satu ini tidak terlihat mampu membawa dampak positif dari para pengguna teknologi digital.

Baca Juga : Cara Share File Dari Android Ke PC Menggunakan Wifi

Apalagi android dan iOs tanpa terputus terus mengembangkan fitur-fitur aplikasinya, yang membuat windows semakin keteteran untuk mengejar ketertinggalan.

4. Kostumisasi Layar Kunci/Lock Screen


Kustomisasi layar kunci tak bisa kita jumpai pada produk-produk windows sebelum windows 10. Coba saja kalian perhatikan pada windows 7, dimana pada versi tersebut lock screen yang digunakan hanya sebuah tampilan yang sederhana berisi nama user dan tombol power untuk menyalakan/mengaktifkan windows kembali. Disana juga tidak bisa kita jumpai status penunjuk waktu/jam. Wallpapernya pun hanya wallpaper default yang tidak bisa di ganti.

Tentu ini sangat berbeda dengan yang ada pada perangkat android maupun iOs, Di kedua perangkat mobile ini, lock screen dibuat semenarik mungkin lengkap dengan fitur penunjuk jam, wallpaper bahkan menu shortcut untuk membuka satu aplikasi khusus.

Fitur costom pada layar kunci windows, baru dihadirkan pada update versi windows 10. Bahkan seperti tak mau disalahkan, di windows 10 kalian akan bisa mendapatkan notifikasi lengkap lebih lengkap dari yang ada pada android, seperti notifikasi email, infomasi cuaca, wallpaper menarik yang bisa di ganti-ganti, dll. Jelas bukan, siapa yang meniru siapa? Tapi gak apa-apa juga sih asal sama-sama memudahkan dalam penggunaan tentu lebih ok!

5. Menu Factory Reset/Reset Pabrik


Kalau pada smartphone android atau iOs, menu reset pabrik ini bisa dengan mudah kita akses melalui menu pengaturan berbeda dengan windows versi jadul seperti windows 7, windows xp, atau yang lebih bawah lagi. Alhasil jika perangkat dekstop kita terjadi kesalahan sistem yang menyebabkan eror kita harus melakukan penginstalan ulang windows yang tentunya membutuhkan waktu yang lama dengan metode yang lumayan ribet.

Tapi berbeda dengan windows teranyar, yakni yang ada pada versi windows 8 dan windows 10. Opsi factory reset ini sudah di includeKE DALAM SISTEMNYA. Sehingga ketika windows sedang error karena berbagai macam penyebab, kita tidak perlu lagi bingung mencari driver windows yang mungkin udah ketlisut entah kemana. Kita cukup membuka menu troubleshoot lalu pilih opsi Reset Your PC untuk melakukan reset windows kembali ke pengaturan pabrik, dan komputer kalian pun sembuh dari penyakit yang semula diderita.

Baca Juga :Cara Menemukan Dan Menghapus File Duplikat Di Windows

Simple bukan? Kayak android dan iOs? Iya lah! Hehe

Sebenarnya, selain kelima fitur diatas juga masih ada satu lagi fitur menarik yang sebelumnya tidak ada di windows dan baru dihadirkan pada update versi windows teranyar. Fitur ini adalah fitur Cortana, sebuah kecerdasan buatan atau AI yang berfungsi sebagai virtual assistant untuk mengakses perintah pada windows.

Fitur seperti sudah lebih dulu ada pada perangkat smartphone, terutama pada produk iPhone 4s dimana teknologi Siri pertama kali dikenalkan. Cortana pada windows baru resmi diluncurkan pada tahun 2014. Sedangakan Siri sudah lebih dulu dilaunching yakni pada tahun 2011.

Nah, itulah tadi beberapa Fitur Windows yang meniru fitur android dan iOs. Keputusan windows untuk mengikuti arus perkembangan teknologi bukanlah satu keputusan yang salah. Meksipun banyak yang mencibir bahwa windows menjiplak teknologi yang ada pada platform smartphone tersebut, tapi sebenarnya itu bukanlah suatu masalah yang besar. Yang terpenting adalah teknologi yang digunakan dapat mempermudah pekerjaan para penggunananya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here