5 Cara Mempercepat Kinerja Android

0
6
mempercepat kinerja android
mempercepat kinerja android

Setiap pengguna smartphone khususnya android pasti menginginkan perangkatnya dapat bekerja secara optimal dan tidak lemot atau lelet. Tapi, terkadang keinginan tersebut tidak didukung dengan pengetahuan yang baik dalam hal penggunaan smartphone yang aman dan benar. Seringkali terjadi smartphone yang sebenarnya memiliki spesifikasi tinggi dengan harga jutaan rupiah tidak bisa bekerja dengan baik karena kebiasaan penggunaan yang asal –asal, dan hasilnya adalah android menjadi lemot atau cepat panas. Lalu, jika kondisi tersebut terjadi, bagaimana cara untuk mempercepat kinerja android agar bisa bekerja lebih optimal? Simak beberapa tips dari kami berikut ini.

Apa penyebab android lemot dan cepat panas? Berdasarkan pengalaman dan survey dari beberapa pengguna android, beberapa maslaah dibawah ini yang seringkali menjadi penyebab android lemot dan cepat panas:

  1. Terlalu banyak aplikasi yangdi install
  2. Memori penyimpanan internal penuh
  3. Memaksakan kinerja RAM android
  4. Firmware yang versinya sudah usang tidak di update
  5. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, tanpa disadari

Nah, itulah beberapa penyebab umum yang sering terjadi. Lalu, bagaimana cara untuk mempercepat kinerja android yang lemot dan panas? Berikut ini beberapa tips dari kami yang mungkin bisa kalian lakukan untuk mengembalikan performa ponsel android seperti semula. Baca Juga cara membersihkan sampah di ponsel Xiaomi.

5 Cara Mempercepat Kinerja Android

cara aman mempercepat ponsel android

1. Seleksi Aplikasi

Kenapa harus ada seleksi aplikasi? Terkadang, karena aplikas-aplikasi android ini sangat gampang didwonload dan pilihannya pun banyak, kita jadi senang mengumpulkan aplikasi hanya untuk sekedar mencoba-coba saja. Sayangnya sebagian besar pengguna lupa, aplikasi yang telah dicoba dan tidak dipakai dibiarkan begitu saja terpasang di smartphone. Alasannya adalah, sayang karena sudah mengeluarkan kuota untuk mendownloadnya. Baca juga cara mematikan update di google play.

Nah, akibatnya adalah aplikasi banyak menumpuk dan memenuhi memori penyimpanan internal pada perangkat android. Belum lagi aplikasi yang didownload adalah jenis aplikasi yang dapat terbuka otomatis d background android., tentu hal ini juga akan semakin menambah beban pada RAM.

Solusi pertama untuk mempercepat kinerja android adalah dengan menghapus semua aplikasi yang tidak terlalu dipakai. Dan menyisakan aplikasi-aplikasi yang penting saja. Selain itu, rajin-rajinlah untuk menutup semua aplikasi yang beroperasi di latar belakang sistem.

2. Bersihkan Home Menu

Salah satu penyeb kinerja android menurun karena performa RAM yang terganggu adalah terlalu banyaknya shortcut aplikasi yang dipasang di layar utama atau menu home android. Untuk lebih bisa mempercepat kinerja android, sebaiknya kalian harus membuat bersih menu home ini dari kumpulan shortcut aplikasi. Gunakan setidaknya hanya dua atau maksimal 4 shortcut aplikasi saja.

3. Rajin melakukan Update OS

Kebanyakan dari para pengguna android akan lebih memilih untuk menutup dan tidak menghiraukan saat ada notifikasi atau pemberitahuan untuk ketersediaan update OS ke versi yang terbaru. Alasannya sangatlah beragam, mulai dari waktu update yang cukup lama, hingga kebutuhan kuota internet yang akan cukup banyak terkuras.

Tapi beberapa alasan tadi sebenarnya adalah hal sepele yang bahkan jika dilakukan akan mlah membahayakan perangkat android kalian. Update OS ebenarnya banyak sekali manfaatnya untuk sebuah perangkat android, termasuk salah satunya adalah untuk mempercepat kinerja android.

Jika tak ingin kuota internet kita habis karena untuk update OS, kita bisa memanfaatkan sinyal WiFi gratis saat perangkat membutuhkan update OS. Sedangkan, kalau tak ingin aktiitas terganggu kalian bisa melakukan update OS ini pada malam hari, bukan? Toh waktu yang dibutuhkan sebenarnya juga tidak lama-lama amat kok! Paling hanya berkisar 15 menitan saja.

4. Usahakan Agar Memori Internal Tidak Penuh

Jika kalian hobi mengkoleksi aplikasi, suka foto dan menyimpan banyak gambar, serta video. Jangan sekalipun kalian pernah menyimpan file-file itu di memori internal perangkat. Meskipun sebenarnya perangkat android kalian dibekali dengan ruang penyimpanan internal yang longgar, demi mempercepat kinerja android sebaiknya gunakan saja memori eksternal atau SD Card sebagai ruang penyimpanan file-file kalian tersebut.

Pada kondisi yang mendesak, tak masalah jika kamu menyimpan file di memori internal, kalau memang mermori klaian kapasitasnya besar. Tapi jangan menggunakannyta lebih dari setengah kapasitas yang tesedia. Selebihnya gunkaan saja memori eksternal seperti yang sudah disebutkan diatas. Baca juga cara ampuh memindahkan data game ke memori sd card.

5. Hapus Cache

Cache sendiri adalah file sementara, atau bisa dikatakan sebuah jejak yang kamu tinggalkan saat melakukan aktivitas seperti membuka aplikasi, browsing, main game, dan lain-lain. Nah, dari masing-masing aplikasi yang kalian gunakan tersebut akan menyimpan cache dari aktivitas kalian terhadap aplikasi tersebut.

Kalian bisa menghapus cache itu satu persatu, melalui laman pengaturan >> aplikasi >> hapus cache. Jika tak ingin repot karena harus menghapus cache satu persatu, kalian juga bisa mengguakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner yang tersedia gratis di Play Store. Nah, dengan rajin membersihkan cache kalian akan bisa mempercepat kinerja android yang lemot.

Itulah ke lima cara yang bisa anda coba sendiri di rumah. Kalau kesulitan dalam mempraktekkan tuorial diatas anda bisa menanyakannya melalui kontak kami atau menuliskannya di kolom komentar ini. Semoga artikel 5 Cara Mempercepat Kinerja Andriod bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here