Cara Menampilkan File Dan Folder Tersembunyi Pada Windows

Windows menyembunyikan file - file dan folder - folder secara default, hal ini dilakukan untuk mencegah pengeditan atau penghapusan file system. Tapi anda bisa membuat Windows menampilkan file tersembunyinya dengan sedikit setting yang akan kita bahas pada artikel ini.

Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows 8 dan 10

Pilihan pertama ini sangat mudah anda lakukan hanya dengan sedikit settingan pada File Explorer di Windows 8 dan 10.

Caranya klik Tab View di File Explorer lalu centang pada "Hidden items" dan kemudian File Explorer ini akan menyimpan settingannya sampai anda mengatur ulangnya lagi.
file explorer01

Menampillkan Folder Tersembunyi di Windows 7

Di windows 7 tidak semudah windows 8 atau 10, settingannya agak tersembunyi.

Baca Juga : cara mematikan update di windows 7/8/10

Untuk mencarinya klik Organize pada Windows Explorer yang ada di pojok kiri atas lebih tepatnya ada  di bawah tombol navigasi kemudian pilih "Folder search options".
file explorer0

Klik pada tab "View" lalu pilih "Show hidden files,folders, and drives" yang berada di bawah pilihan Hidden files and folders. Lalu klik OK untuk menyimpan settingan anda.
file explorer1



Menampilkan File OS Yang Terproteksi di Windows 7,8 dan 10

Windows memiliki 2 tipe hidden file yang berbeda diantaranya yaitu Normal hidden files, dan Protected operating system file. Jika anda menampilkan file dan folder tersembunyi, windows akan terus menyembunyikan protected operating system file.

Baca Juga : cara mematikan dan menyalakan kembali windows firewall

File ini terproteksi oleh sistem operasi karena suatu alasan. Bisa jadi file tersebut sangat sangat penting untuk kesetabilan sistem operasi anda, jadi mengapus atau mengubah/edit salah satu file tersebut bisa merusak seluruh operating system yang anda gunakan, bahkan bisa membuat windows anda tidak bisa booting. Tapi, jika anda tau apa yang anda lakukan dan kamu harus menampilkan file system ini, ada beberapa setting yang harus anda ganti. Saya tidak merekomendasikan untuk melakukan itu, kecuali kalau anda bener - bener membutuhkan dan harus mengakses file yang terproteksi itu untuk melakukan ekperimen pada os anda.

Langkah pertama yaitu buka jendela Folder Options. Pada windows 8 dan 10, klik tombol " Options " di View Toolbar. Kalau di Windows 7, Klik Organize > Folder and search options.
file explorer
Klik pada tab " View ", hilangkan centang " Hide protected operating system files(Recomended) ".
file explorer
Nanti akan muncul peringatan, klik " Yes " untuk melanjutkan.  Klik " OK " untuk menyimpan settinggannya. Windows akan menampilkan file yang terproteksi system seperti file normal lainnya dan tidak di hidden lagi.

Kembali Ke Folder Options dan aktifkan ulang atau checklist pada" Hide protected operating sistem files(Recomended) " jika anda tidak ingin mengaktifkan fitur ini lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Cara Menampilkan File Dan Folder Tersembunyi Pada Windows"

  1. Ternyata seperti itu caranya yah baru tau ane, cukup simpel dan mudah ternyata ane kira susah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, asalkan tau totorialnya pasti bisa kok :)

      Hapus
  2. Tambahan dari saya gan, pake smadav juga bisa.

    BalasHapus
  3. Baru tau ane gan mkasih infonya ga gan..

    BalasHapus
  4. wah gini toh caranya ane cari2 susah bgt

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel